Wednesday, September 8, 2010

Info Mudik Wonogiri-Mobil Pribadi Pemudik Padati Kota Wonogiri

Info Mudik Wonogiri-Mobil Pribadi Pemudik Padati Kota Wonogiri-Wonogiri, CyberNews. Mobil-mobil pribadi dan sepeda motor milik para pemudik yang pulang kampung, mulai memadati jalanan Kota Wonogiri. Situasi padat arus mudik menjelang lebaran Idul Fitri 1431 H ini, diprediksikan akan memasuki puncaknya Kamis (9/9) besok.

Untuk pengaturan agar tidak terjadi kemacetan, utamanya di titik-titik rawan macet, diterjunkan aparat kepolisian dibantu para personel Pramuka dari Saka Bhayangkara. Mereka membuat pagar betis penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas di depan pasar induk Wonogiri dan di depan pertokoan serta pusat perbelanjaan.

Situasi keramaian, ikut dipicu oleh banyaknya warga masyarakat yang beramai-ramai melakukan tradisi 'prepegan'. Yakni keramaian pasar tradisional berkaitan dengan kegiatan berbelanja bahan-bahan kebutuhan lebaran Idul Fitri. Utamanya untuk mengadakan ritual kenduri 'riyayan bakdan.'

Situasi pasar bagai memasuki puncak kepadatan pengunjungnya, karena bersamaan itu juga dibanjiri para pemudik yang ikut
berbelanja.

Kepala Dinas Peruhubungan Komunikasi Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Wonogiri, Drs IGE Budiyanto MSi, mengatakan, di wilayah Kota Wonogiri terdapat titik keruwetan arus lalu lintas di depan pasar induk, depan pertokoan dan pusat perbelanjaan, serta di pertigaan ponten depan Kantor Bank Jateng Wonogiri.

"Untuk mengaktifkan pemantauan, petugas melakukan monitoring lewat CCTV (circuit close television)," kata IGE.

Lebih lanjut Kabid Telematika Dishubkominfo Wonogiri, Drs Joko Irianto, mengatakan, ada satu perangkat CCTV milik Dishubkominfo yang dipasang di perempatan bangjo Ponten. ''Tapi kami juga dapat mengakses fasilitas CCTV milik kepolisian, yang dipasang di empat lokasi, melalui jaringan interkoneksi,'' kata Joko.

Dari pantauan monitoring CCTV, terlihat telah terjadi peningkatan arus lalu lintas secara signifikan. ''Meski demikian, situasi dan kondisinya masih relatif lancar dan tertib,'' kata Joko.

Info Mudik Wonogiri-Mobil Pribadi Pemudik Padati Kota Wonogiri-Pertanda mulai banyaknya banjir pemudik ke Wonogiri, ikut ditandai dengan adanya antrean panjang pemudik yang akan mengambil uangnya melalui fasilitas ATM (Anjungan Tunai Mandiri) di sejumlah bank yang ada di Kota Wonogiri. Sebagaimana antrean di Bank BCA misalnya, memanjang sampai depan Kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga (Dishubparpora) Wonogiri.
sumber: suaramerdeka.com

Keywords: info mudik 2010, wonogiri, jalanan wonogiri

No comments:

Post a Comment